Tokoh Pembisnis Terkaya, Elon Musk

Tokoh Pembisnis Terkaya, Elon Musk

Elon Musk adalah tokoh bisnis, investor, insinyur, dan penemu Kanada-Amerika kelahiran Afrika Selatan. Musk telah menjadi bagian dari banyak startup yang sukses; dia adalah pendiri, CEO, dan CTO SpaceX; CEO Tesla Inc.; wakil ketua OpenAI; pendiri dan CEO Neuralink. Kebanyakan orang akan tahu bahwa kesuksesan asli Elon berasal dari mendirikan PayPal, yang sekarang menjadi salah satu gateway pembayaran yang paling umum digunakan di internet.

Tokoh Pembisnis Terkaya, Elon Musk

Kehidupan Awal Elon Musk

Elon Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Ibunya adalah seorang model dari Kanada, dan ayahnya seorang insinyur dari Afrika Selatan. Musk memiliki dua adik, Kimbal dan Tosca. Pada usia 10 tahun, Elon menemukan hasratnya dengan komputer. Dia belajar sendiri pemrograman komputer pada usia 12 tahun; dan membuat video game bernama Blastar, yang dia jual ke majalah bernama PC and Office Technology, dengan harga sekitar $500.

Baca Juga ⇒ Nurmayati Pedangdut Banjarmasin Termahal

Karier Elon Musk, Kisah Perjalanan Sukses Elon Musk

Kisah Sukses Elon Musk

Setelah keluar dari Universitas Stanford untuk mengejar kewirausahaan, Elon, bersama saudaranya Kimbal, mendirikan Zip2. Zip2 adalah perusahaan perangkat lunak web, yang mengembangkan dan memasarkan “panduan kota” Internet untuk industri penerbitan surat kabar. Perusahaan menerima kontrak dengan orang-orang seperti Chicago Tribune dan The New York Times, dan akhirnya dijual ke Compaq seharga $307 juta.

Dengan $22 juta sekarang di sakunya dari penjualan Zip2, Musk mendirikan X.com, sebuah perusahaan pembayaran E-Mail. Ini kemudian menjadi PayPal terkenal, ketika X.com bergabung dengan Confinity. PayPal menjadi perusahaan transfer pembayaran online terbesar, dan diakuisisi oleh eBay dengan harga saham $1,5 miliar. Musk sekarang lebih kaya $ 165 juta. Pada saat inilah Elon Musk mulai mengejar hasratnya untuk mengubah dan memajukan dunia menjadi lebih baik, berinvestasi di Tesla, mendirikan SpaceX dan Solar City.

Keberhasilan ketiga perusahaan ini tumbuh dari bulan ke bulan, dan bertanggung jawab atas lonjakan kekayaan bersih Musk yang tiba-tiba. SpaceX memajukan teknologi luar angkasa, dan berupaya mengurangi biaya penerbangan antariksa manusia hingga 10 kali lipat. Tesla berfokus pada penyelesaian krisis bahan bakar fosil di industri otomotif, dengan mengembangkan kendaraan listrik yang terjangkau dan bergaya. Solar City adalah penyedia sistem tenaga surya terbesar ke-2 di Amerika Serikat. Pada tahun 2020, kekayaan bersih Elon Musk diperkirakan mencapai $79,4 miliar.